Tingkatkan Mutu Pendidikan, SMP LTI IGM Jalani Asesmen Nasional Berbasis Komputer

SMP LTI IGM, Palembang – SMP LTI Indo Global Mandiri (IGM) melaksanakan Asesesmen Nasional Berbasis Komputer yang diikuti oleh, siswa kelas VIII SMP LTI IGM Palembang, pada 19-20 September 2022.

Wakil Kurikulum Smp LTI IGM, Samsul Komar, ST mengatakan, pelaksanaan ANBK ini merupakan, Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan atau Kebudayaan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Ia mengatakan, asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid.

Asesmen Nasional ini nantinya dilaksanakan dalam tiga instrumen utama yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), survei karakter dan survei lingkungan belajar.

โ€œPelaksanaan Asesesmen ini berdasarkan instruksi dari kemdikbud RI, jika setiap sekolah wajib mengikuti ANBK, โ€ ujarnya, Kamis (22/9/2022).

Dengan kegiatan Asesesmen ini, ia berharap seluruh peserta didik SMP LTI IGM dapat meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik.

Menurutnya, dalam pelaksanaan asesmen tersebut, monitoring yang dilakukan guru terhadap siswa juga dilakukan. Guru lebih menekankan soal-soal yg diberikan ke siswa mengarah lebih berkonteksual sehingga anak-anak akan terbiasa mengerjakan soal-soal AKM.

Selama asesmen berlangsung, sebanyak 45 siswa kelar VIII diikutsertakan dan lima siswa cadangan. Mekanisme penunjukan peserta ini pun ditentukan secara acak oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (andhiko tungga alam)