Kunjungan Edukatif, SMP LTI IGM “Belajar” di Al Quran Akbar – Museum Balaputra Dewa

Sebanyak 110 siswa – siswi SMP LTI Indo Global Mandiri (IGM) melaksanakan kunjungan edukatif (kutif) ke dua tempat bersejarah di Sumatera Selatan.

Pelaksanaan kutif ini difokuskan di Al Quran Akbar Gandus Palembang dan Museum Balaputra Dewa Palembang, Kamis (18/1). Dalam kunjungan ke dua lokasi tersebut, siswa – siswi mempelajari secara detil dan merasakan bagaimana kondisi religius dan sejarah sebagai bentuk pembelajaran di lapangan.

Waka Kurikulum Samsul Komar menjelaskan, SMP LTI IGM sengaja memilih Al Quran Akbar Gandus sebagai lingkungan belajar dalam kunjungan edukatif awal Januari 2024 ini. “Al Quran Akbar ini menjadi metode pembelajaran luar kelas, khususnya bagi siswa kelas VII SMP LTI IGM,” ujarnya.

Siswa – siswi dapat menggunakan lingkungan mereka sebagai objek nyata untuk bahan pembelajaran langsung dan lebih aktif untuk menyerap bahan ajar yang diberikan. “Peserta didik dapat lebih meningkatkan kecintaan dan pemahamannya kepada Al Quran,” kata dia.

Hal yang sama juga diungkapkan, Guru SMP LTI IGM Bidang Studi IPS Wilda Mardiana. SMP LTI Indo Global Mandiri sengaja memilih Museum Balaputra Dewa agar siswa – siswi dapat mempelajari bagaimana aktivitas manusia selama masa masa penyebaran Hindu, Budha dan Islam di Indonesia, terutama di Palembang.

Pembelajaran itu, lanjutnya bisa dilihat dari benda benda bersejarah yang tersimpan di Museum Bala Putra Dewa tersebut.

“Jika kita berkunjung ke lokasi bersejarah ini, siswa – siswi SMP LTI IGM dapat menumbuhkan semangat serta rasa nasionalime sebagai penerus bangsa,” pungkasnya. (andhiko tungga alam)