MPL SMP LTI Indo Global Mandiri, Tumbuhkembangkan Sikap Disiplin Diri dan Semangat Kepada Siswa

Proses belajar mengajar di SMP LTI Indo Global Mandiri (IGM) resmi dimulai hari ini, Senin (10/7/2023).

Sebanyak 105 siswa baru akan menempuh pendidikan terbaik sekolah di bawah naungan Yayasan IGM. Sebelum mereka memulai kegiatan, selama dua hari mereka mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang dilaksanakan sejak Senin (10/7) hingga Rabu (12/7).

Wakil Kesiswaan SMP LTI IGM, Estijat, S.Pd mengatakan, kegiatan MPL SMP LTI IGM ini sebagai bentuk adaptasi dan pengenalan awal bagi siswa – siswi baru yang akan menempuh pelajaran ke depannya. Para peserta mulai belajar mengenal lingkungan sekolah dengan materi pengenalan kurikulum merdeka, pengenalan sarana dan prasarana penunjang di sekolah, pengenalan tata dan tertib sekolah, dan pengenalan OSIS.

“Sambutan dari kakak – kakak OSIS juga sangat baik. Mereka benar benar membimbing siswa baru,” ujar Estijat.

Menurutnya, kunci di dalam masa pengenalan lingkungan sekolah bagi peserta didik baru ini adalah bagaimana anak-anak memahami lingkungan situasi yang baru dengan suasana hati yang menyenangkan, dengan narasi-narasi kegiatan yang dibuat dalam bentuk kreativitas.

“Dengan begitu, anak-anak kita yang baru memasuki tahap awal pada lingkungan sekolah yang baru itu merasa nyaman dan menyenangkan,” katanya.

Ia mengatakan, untuk tahun ini, tema ini dipilih sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai yaitu semua peserta didik mampu menggali potensi yang dimiliki sesuai dengan bakat dan minatnya. Melalui potensi inilah, peserta didik selanjutnya mampu menumbuhkan kemampuan berkomunikasi dalam kegiatan belajar dan berinteraksi di lingkungan sekolah. Kegiatan MPLS ini diharapkan mampu membantu peserta didik baru beradaptasi dengan baik dengan lingkungan sekolah barunya.

Dalam rangkaian kegiatan MPLS tahun, SMP LTI IGM juga menggandeng TNI Kikav Kenten dalam rangka menumbuhkan disiplin diri dalam diri peserta MPLS dengan materi pengenalan dasar baris-berbaris. (andhiko tungga alam)