Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) SMP LTI IGM Palembang Tahun Pelajaran 2018/2019

mpls 2

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan di sekolah SMP LTI IGM Palembang setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru. Kegiatan MPLS berlangsung selama 2 hari yaitu senin, 10 – 11 juli 2018 berlangsung dari pukul 07.30-12.00 wib. Kegiatan MPLS peserta didik kelas VII tahun pelajaran 2018/2019 diikuti oleh 91 orang peserta didik kelas VII dan 4 orang peserta didik pindahan kelas VIII.

MPLS dijadikan sebagai ajang siswa untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan siswa siswi SMP LTI IGM Palembang. MPLS juga sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah dan juga sesama siswa baru, senior, guru, hingga karyawan lainnya di sekolah itu. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah.Seluruh peserta didik dibekali dengan pengenalan tentang lingkungan sekolah dengan materi antara lain, “wawasan wiyata mandala”, “kesadaran berbangsa dan bernegara”, “pengenalan kurikulum 2013”, “belajar effektif”, “pembinaan mental agama”, “pengenalan pramuka”, “pendidikan karakter” dan “tata krama”, serta ikut andil dari OSIS SMP LTI IGM Palembang untuk kelancaran kegiatan MPLS.

mpls4

MPLS sepenuhnya dilaksanakan oleh kelompok siswa yang tergabung dalam Organisasi Siswa Intrasekolah (OSIS) dengan guru sebagai pihak pengawas, asisten dan pemantau kegiatan selama MPLS berlangsung.

mpls1

Kegiatan MPLS SMP LTI IGM Palembang bertujuan untuk memperkenalkan siswa pada lingkungan sekolah yang baru, memperkenalkan siswa pada seluruh komponen sekolah beserta aturan, norma, budaya, dan tata tertib yang berlaku di dalamnya, memperkenalkan siswa pada keorganisasian, memperkenalkan siswa pada seluruh kegiatan yang ada di sekolah, mengarahkan siswa dalam memilih kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan bakat mereka, menanamkan sikap mental, spiritual, budi pekerti yang baik, tanggung jawab, toleransi, dan berbagai nilai positif lain pada diri siswa sebagai implementasi penanaman konsep iman, ilmu, dan amal. Menanamkan berbagai wawasan dasar pada siswa sebelum memasuki kegiatan pembelajaran secara formal di kelas.

 

Galeri Foto

Testimonials