Pelatihan Hidroponik siswa/i SMP LTI IGM Palembang

pelatihan hidroponik

 

Selamat pagi yang cerah semuanya. Hari ini diadakan pelatihan hidroponik untuk anak-anak dan guru SMP LTI IGM Palembang bersama bapak Andi Kamsa dari Hidroponik Center Palembang. Kegiatan pelatihan terbagi menjadi dua tahapan yakni pembelajaran mengenai teori dasar bertanam serta pengenalan mengenai proses pemupukan. Selanjutnya dilakukan praktek langsung cara bertanam Tanaman Dilahan Terbatas atau tanpa lahan (Hidroponik). Tanaman yang menggunakan teknik budidaya hidroponik seperti sayuran Caysim, Selada, Pokcoy, Cabe dan Terong.

Hidroponik merupakan sebuah sistem atau teknologi dimana tanaman ditumbuhkan tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam karena itu hidroponik juga disebut sebagai budidaya tanam tanpa tanah. Manfaat hiodroponik itu sendiri yakni :

  1. Dapat bertanam dilahan sempit.
  2. Dapat melakukan budidaya tanaman diluar musim
  3. Tidak beresiko kebanjiran, erosi, kekeringan atau ketergantungan pada kondisi alam.
  4. Tidak membutuhkan banyak tenaga kerja kasar karena metode kerja lebih hemat dan memiliki standarisasi
  5. Tanaman sayur tumbuh lebih pesat dalam keadaan bersih dan bebas pestisida.

Budidaya tanaman hidroponik sangat menyenangkan. Ini benar-benar dapat menjadi alternatif bagi kita yang memiliki lahan terbatas atau yang kesulitan mencari lahan dan juga banyak keuntungan dan manfaat yang kita dapatkan dari budidaya tanaman hidroponik. Semua sangat bersemangat sekali dalam mengikuti pelatihan ini loh. Semoga bermanfaat semuanya.

Galeri Foto

Testimonials