Budayakan Literasi, Tiada Hari Tanpa Membaca

Gerakan Literasi Sekolah GLS

 

Senin (12/3), suasana hening mewarnai tiap ruang kelas SMP LTI IGM. Masing-masing siswa fokus dengan buku yang dibaca. Mereka antusias melaksanakan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang rutin diadakan setiap hari sebelum memulai kegiatan pembelajaran.

Program GLS merupakan salah satu program unggulan SMP LTI IGM yang bertujuan untuk menumbuhkan minat baca seluruh siswa. Setiap siswa memiliki satu buku pilihan yang akan dibaca secara konsisten setiap harinya. Baik itu ensiklopedi, fiksi, novel/cerpen, pengetahuan umum atau jenis buku lain yang dapat menambah wawasan. Meski hanya berlangsung selama lima menit, namun dilaksanakan kontinyu setiap hari.

Penanggung jawab kegiatan GLS SMP LTI IGM, Miss Iko Akiko mengatakan kegiatan GLS sangat memberikan dampak positif terhadap budaya membaca di kalangan siswa. Dengan adanya GLS, siswa terbiasa untuk membaca setiap hari. Kegiatan ini terevaluasi dengan baik karena setiap siswa diberikan kartu GLS yang berfungsi untuk mengontrol perkembangan membaca siswa oleh wali kelas masing-masing.

Farah Nadhira, siswa kelas 7B, mengaku sangat senang dengan adanya program GLS di SMP LTI IGM. Terbukti sejak Agustus 2017 sampai dengan sekarang, ia rutin melaksanakan kegiatan GLS. Siswa ini sudah selesai membaca 3 buku dengan judul berbeda. Menurutnya sangatlah penting membudayakan literasi. Setiap siswa harus gemar membaca. Setiap siswa harus punya prinsip “Tiada hari tanpa membaca”.

Galeri Foto

Testimonials